Cara Backup dan Restore Data WordPress dengan Cpanel

tutorial wordpress self hosting

Cara Backup dan Restore Data WordPress dengan Cpanel

Perusahaan domain dan hosting adalah perusahaan jasa. Namanya juga jasa tidak mungkin selamanya layanan optimal dan memuaskan konsumen. Belum lagi fakta bahwa cocok untuk satu orang tertentu belum tentu cocok juga untuk orang lain.

Nah, biasanya orang yang kecewa dengan layanan hosting, jalan keluarnya adalah pindah ke perusahaan hosting lain yang dinilai lebih baik. Tapi tidak sedikit orang yang merasa terlanjur dan memilih tidak jadi pindah hosting karena membayangkan ribetnya cara memindahkan blog atau web dari satu hosting ke hosting lain.

Sebetulnya, pindah hosting tidak semengerikan itu. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengemasi file-file di blog wordpress Anda dan mengembalikannya di hosting baru nanti dengan mudah dan praktis.

Pertama : Lakukan Backup wp-content Anda di Cpanel

Silakan masuk terlebih dahulu ke Cpanel Hosting Anda. Klik File Manager, kemudian pilih Public_html.  Atau jika hosting Anda unlimited dan terdapat lebih dari satu blog dan website, pastikan Anda memilih blog yang Anda maksud.

cara-memindahkan-blog

pindah-hosting

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

backup blog

Klik pada bagian folder wp-content  kemudian pilih Compress. Lakukan compress hingga muncul wp-content.zip (berwarna kuning). Jika belum juga muncul silahkan lakukan refresh dengan cara menekan tombol F5 dari keyboard komputer Anda.

download-backup

Setelah wp-content.zip yang berwarna kuning muncul, silahkan klik agar terseleksi, lalu klik tombol Download.

Tunggu hingga proses download selesai. Berapa lama? Ini akan tergantung oleh jumlah posting, komentar, media, plugin dan theme yang ada pada blog tersebut. Jika proses download telah selesai, simpan file tersebut di komputer Anda.

Kedua :  Lakukan Backup Database web Anda di Cpanel.

Caranya, di dalam Cpanel klik menu Wizard Backup.

backup-wizard

Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

cara-pindah-hosting

Klik tombol Bakup–> di kolom kiri bawah. Maka akan muncul tahap berikutnya seperti ditunjukan gambar di bawah ini.

cara-memindahkan-hosting

DI kolom sebelah kanan silakan Anda pilih MySQL Databases–>. Jika di hosting Anda hanya terdapat 1 domain web saja, maka pada daftar database yang muncul adalah hanya satu. Tapi jika di hosting Anda ada banyak domain web atau sub domain, maka pada saat klik MySQL Database akan muncul banyak daftar database seperti contoh berikut.

daftar-database-download

Dan Anda perlu memilihnya sesuai yang Anda maksud. Bagaimana jika lupa? Anda bisa cek terlebih dahulu.

Caranya kembali ke bagian home Cpanel, klik File Manager kemudian public_html lalu pastikan domain yang Anda maksud untuk mencari file wp-config.php. Klik kanan lalu pilih view maka akan terlihat nama dari database kita.

Setelah Anda mengetahui nama file database yang akan dibackup, silahkan kembali ke backup wizard tadi dan langsung saja klik  nama database tersebut maka akan otomatis terdownload. Hasil download bisa Anda simpan juga di komputer. Sekarang  Anda  sudah mempunyai dua file hasil backup yaitu file wp-content dan file MysQL databases.

Langkah selanjutnya adalah memindahkan web Anda pada hosting yang baru.

Ketiga : Restore wp-content.zip ke hosting baru

Caranya, masuk ke cpanel hosting baru Anda. Kalau belum install wordpress silahkan install terlebih dahulu dulu. Setelah melakukan instalasi wordpress, masuk ke File Manager pilih Public_html domain Anda. Selanjutnya klik upload, masukan file wp-content.zip yang ada di komputer Anda hasil backup sebelumnya. Tunggu beberapa saat hingga proses upload file selesai atau complete.

ekstrak-konten

Saat upload selesai maka akan muncul wp-content.zip berwarna kuning. Kalau belum muncul silahkan refresh dengan cara tekan F5. Setelah muncul, silahkan klik kanan pilih Extract.  Proses ini akan otomatis mengganti file wp-content yang baru kita install sebelumnya.

Keempat : Restore database backup ke hosting baru

Caranya, pada halaman utama Cpanel hosting Anda silahkan pilih dan klik menu  phpMyAdmin.

 phpMyAdmin

Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

database

Di kolom sebelah kiri akan tertera nama database web Anda yang terbuat otomatis saat WordPress baru di-install tadi, kemudian akan diganti dengan database yang lama dari hosting sebelumnya yang sudah Anda backup.

Jika di dalam hosting baru Anda hanya ada satu domain, maka databasenya hanya ada satu. Namun jika ada beberapa nama domain, maka di kolom sebelah kiri tersebut akan tertera daftar nama database. Biasanya database yang baru diinstall berada di deretan paling bawah.

Silahkan klik databases yang dimaksud, kemudian centang semua database tersebut, kemudian pilih drop atau hapus databasenya karena akan kita ganti dengan database yang lama hasil backup tadi.

mengahapus-database

Setelah proses drop atau hapus database selesai langkah selanjutnya adalah proses upload database hasil backup melalui menu Import databases mysql Anda di bagian atas. Silahkan import file mysql databases hasil backup Anda yang ada di komputer sampai selesai.

impor-database

Setelah proses import selesai maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses resolved dns Anda saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan

20 pemikiran pada “Cara Backup dan Restore Data WordPress dengan Cpanel

  1. Saya sudah melakukan seperti diatas … tapi setelah di restore tidak keluar data-datanya, hanya pluginnya saja. Ada yang salah dengan prosesnya?

  2. Mo tanya Website saya pernah di hacked dan di acak2 isi Website saya. Apakah cara ini bsa mengatasi hal tersebut?
    Mo tanya bedanya backup wp-content dan my sql apa? Klo misalnya hanya restore folder wp-content saja apakah bsa me-restore semua artikel dan posting? Maaf banyak nanya masih noobie…
    Thx

  3. Thank infonya, dulu saya pernah backup website dengan teknik cloning pake script tetapi mungkin sekarang wordpress selalu update script tsb jadi ga work lagi :(, paling solusi terakhir backup databasenya sama wp content 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s