Hati-hati Saat Setting Permalinks!

tutorial wordpress self hosting

setting-permalink

Menu Permalinks pada wordpress memberikan kemudahan bagi pemilik blog untuk menentukan format atau struktur dari permalink yang mereka sukai.

Namun, kemudahan dalam mengubah struktur permalink tersebut justru bisa jadi sangat berbahaya bagi blog Anda karena ini adalah hal yang penting.

Permalink (permanent link) sendiri adalah alamat link atau alamat halaman web, contoh :
https://riyanputra.wordpress.com/2013/05/03/apa-itu-wordpress/
https://riyanputra.wordpress.com/2013/05/04/membuat-blog-wordpress-hosting-sendiri-dengan-cepat/

Hendaknya mengganti atau mengubah struktur permalink sebaiknya Anda lakukan sekali seumur hidup yaitu diawal Anda membuat blog tersebut, janganlah mengubah struktur permalink jika postingan anda jumlahnya telah banyak dan di index oleh mesin pencari.

Mengganti atau mengubah struktur permalink berarti mengubah alamat yang lama ke alamat yang baru, dan apabila alamat yang lama telah ter index mesin pencari, di link oleh web social bookmark, teman blogging atau lainnya, maka alamat tersebut akan menjadi broken link (link rusak).

Broken link sangat tidak disukai oleh mesin pencari apalagi dalam jumlah yang banyak dan efeknya adalah ranking pencarian blog Anda akan seketika drop (turun). Oleh karenanya, lakukan setting permalink hanya pada saat Anda baru membuat blog atau jumlah posting anda hanya baru sedikit.

Cara Setting Menu Permalinks WordPress

  1. Silahkan login ke area admin blog wordpress Anda.
  2. Sorot menu Settings yang ada disebelah kiri bawah layar monitor Anda, setelah keluar sub menu, pilih menu Permalinks
  3. Pilihlah struktur permalink yang Anda sukai : Default, Day and name, Month and name, Numeric, atauCustom Structure. Anda boleh memilih mana saja, asal jangan gunakan yang Default atau Numeric, karena format tersebut sangat tidak SEO Friendly ( tidak bagus untuk mesin pencari ).
  4. Category base : masukan kata kunci yang di inginkan apabila Anda ingin mengubah alamat permalink dari category ke yang lain. Namun jika tidak ingin di ubah, kosongkan saja.
  5. Tag base : masukan kata kunci yang diinginkan apabila Anda ingin mengubah alamat permalink dari tag ke yang lain. Namun jika tidak ingin di ubah, kosongkan saja.
  6. Akhiri dengan klik tombol Save Changes.
  7. Selesai.

setting-permalink

Catatan:

Common settings
Disini silahkan pilih struktur permalink yang disukai, namun disarankan untuk tidak menggunakan struktur Default atau Numeric. Yang bagus adalah struktur permalink yang mengandung Post Name atau Judul Post, ini erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO) di masa mendatang

Custom Structure
WordPress memberikan keleluasaan bagi kita dalam menentukan struktur permalink yang di inginkan, ini terwujud dari adanya Custom Structure (Struktur Sendiri). Custom Structure permalink adalah struktur sesuai keinginan penggunanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s