Apa itu WordPress?

panduan-wp-gratis-dan-berbayar

wordpress adalah

WordPress merupakan sebuah aplikasi berbasis web untuk sarana blogging atau ngeblog. Aplikasi wordpress ini disediakan secara gratis dan dapat digunakan oleh semua orang.

WordPress tumbuh sangat pesat dan saat ini menjadi flatform blog paling populer  di seluruh dunia.

statistik wordpress

Penggunanya sangat beragam mulai dari tingkat pemula hingga blogger profesional. Hal ini disebabkan karena wordpress terkenal dengan ketangguhan serta sistem keamanannya.

Selain itu wordpress juga mudah digunakan dan tersedianya sarana penambahan plugin untuk menunjang berbagai kebutuhan para pengguna wordpress agar berbeda dengan blog-blog orang lain.

Bagaimana cara memiliki aplikasi atau software ini? Anda bisa mendownload atau mengunduhnya secara gratis di wordpress.org lalu Anda bisa menginstallnya di hosting yang Anda miliki, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Membuat blog menggunakan software wordpress yang didapat dari wordpress (dot) org ini dikenal dengan istilah wordpress self hosting atau wordpress hosting sendiri. Atau di Indonesia ini juga sering disebut wordpress berbayar.

Adapun pengembang software wordpress ini juga menyediakan layanan provider blog yaitu di wordpress.com. Disini Anda bisa membuat blog dengan aplikasi wordpress secara gratis tanpa harus memikirkan domain dan hosting sendiri.

Jadi Anda hanya perlu mendaftar saja tanpa harus mendownload aplikasi wordpress di wordpress.org lalu menginstallnya lagi.

Kelebihan WordPress.com

1# Tidak repot download dan install

Untuk memiliki blog gratis di wordpress.com, Anda tidak perlu mendownload aplikasi wordpress dan bingung untuk menginstall-nya.  Anda cukup mendaftar dan lalu ikuti langkah-langkah yang disediakan, maka Anda sudah memiliki blog.

2# Tidak perlu beli domain dan hosting

Karena tidak ada yang perlu di install maka Anda pun tidak perlu membeli hosting berbayar. Lalu karena alamat blog nantinya menggunakan subdomain maka Anda tidak perlu membeli domain berbayar.

Jadi blog yang Anda buat nantinya memiliki akhiran .wordpress.com. Contohnya blog wordpress gratis yang saya buat yaitu riyanputra.wordpress.com

Enaknya lagi jika suatu saat Anda ingin mengganti alamat tersebut dengan nama domain yang Anda miliki, Anda bisa melakukanya. Istilah ini dikenal dengan nama domain mapping.

Kekurangan WordPress.com

1# Tidak dapat install Plugin

Dalam banyak keadaan, seringkali kita memerlukan plugin yang mempunyai fungsi khusus untuk memenuhi kebutuhan, namun itu tidak dapat dilakukan di wordpress.com, Anda hanya bisa menggunakan fungsi-fungsi yang sudah disediakan saja.

2# Tidak dapat install theme / tema

Tampilan blog terkadang merupakan hal yang penting sebagai gambaran si pemiliknya, di wordpress.com Anda hanya diizinkan memilih tema yang sudah disediakan. Apabila Anda ingin menggunakan tema sendiri, Anda harus melakukan upgrade dan membayar sejumlah biaya.

3# Fungsi javascrip di nonaktif

Dalam beberapa kesempatan, terkadang kita perlu memasang fungsi javascript di blog kita seperti widget-widget yang bertebaran di internet, namun di wordpress.com tidak dapat di lakukan karena telah di nonaktifkan. Apabila Anda memasukkan javascript maka fungsi script tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya.

4# Terikat dengan peraturan wordpress.com

Gratis bukan berarti bebas melakukan apa saja, akan tetapi Anda harus mentaati peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak wordpress. Apabila anda melakukan pelanggaran akan peraturan yang ada, maka bersiap-siaplah blog Anda akan di tutup oleh pihak wordpress.com.

5# Kurang di percaya

Jika Anda membangun blog untuk tujuan bisnis, katakan saja blog untuk berjualan, umumnya blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri lebih dipercaya oleh calon pembeli dibanding menggunakan yang gratisan.

Kelebihan WordPress.org (WordPress hosting sendiri)

  1. Dapat install plugin secara bebas.
  2. Dapat install theme / tema secara bebas.
  3. Javascript berfungsi secara normal.
  4. Tidak terikat dengan peraturan wordpress.com. Walaupun blog Anda menggunakan software wordpress, namun blog Anda tidak ada hubungannya dengan wordpress.com, oleh karenanya anda tidak terikat oleh aturan wordpress.com. Walau demikian, Anda tentunya terikat dengan peraturan perusahaan hosting dimana anda menyewa hosting.
  5. Lebih di percaya.

Kekurangan WordPress.org

  1. Harus install software wordpress sendiri. Semua dilakukan oleh Anda sendiri, oleh karenanya diperlukan pengetahuan tentang instalasi wordpress.
  2. Harus mengeluakan biaya membeli domain dan hosting (walaupun tentu ada juga domain dan hosting gratis yang bertebaran di internet).

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s